Pengarang Kitab
Matan Jurumiyah dalam Ilmu Nahwu ini adalah Abu ‘Abdillah Muhammad bin Muhammad
bin Dawud Ash-Shanhaji An-Nahwi yg terkenal dengan sebutan Ibnu Aajurruum,
Aajurruum adalah bahasa ajam yg artinya seorang yg Faqir Sufi nan Waro’.
Beliau adalah salah satu Imam Nahwu yg dilahirkan pada tahun 674 H. dan wafat
pada tahun 723 H.
الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع
واقسامه ثلاثة اسم وفعل وحرف جاء لمعنى فالاسم يعرف بالخفص والتنوين ودخول الالف
واللام
Kalam yaitu suatu perkataan yang
tersusun dan mempunyai arti. Dan kalam itu terbagi ada 3 : yaitu 1. Isim
2.fi’il 3.huruf. isin di kenal dengan khafd, tanwin dan bisa di masukin alif
dan lam.
وخروف الخفض وهي من والى وعن وعلى وفى ورب
والباء والكاف وللام وحروف القسم وهي الواو والباء ولتاء والفعل يعرف بقد والسين
وسوف وتاء التأنيث الساكنة والحروف مالايصلح معه دليل الاسم ولا دليل الفعل
Dan huruf khafadh
itu adalah : من,الى,عن,على,فى,رب,ب,ك,لا dan huruf qasam : و,ب,ت
Fiil itu di tandai dengan huruf : س,سوف,قد .
Huruf itu adalah sesuatu yang tidak sah bersamanya tanda isim dan tanda fi’il.
الاعراب هو تغيير اواخر الكلم لاختلاف العوامل الداخلية عليها لفظ تقديرا
واقسامه اربعة رفع نصب وخفض وجزم وللاسماء
من ذلك الرفع و النصب والخفض ولا جزم فيها . وللافعال من ذلك الرفع والنصب والجزم
ولا خفض فيها
I’rab itu adalah berubahnya akhir-akhir kalimat karena perbedaann amil-amil yang masuk
atasnya baik secara lafadz atau taqdir. Bagian i’rab itu ada empat, yaitu rafa’, nashab,
khofadh atau jar, dan jazm.
Setiap isim itu bisa rafa’, nashab, khafad dan tidak bisa jazm
Setiap fi’il itu bisa rafa’, nashab, jazm, dan tidak bisa khofadh.
للرفع اربع علامات الضمة والواو والالف والنون . فأما الضمة فتكون علامة فى
اربع مواضع فى الاسم المفراد وجمع التكسير وجمع المؤنث السالم والفعل المضارع الذى
لم يتصل بأخره شيئ
Bagi rafa’ itu ada empat tanda, yaitu dhammah, waw, alif dan Nun
Adapun Dhammah, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada empat tempat :
Pada Isim Mufrad,
Jama’ taktsir
Jama’ muannas salim, dan
fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatu
واما الواو فتكون علامة للرفع في موضعين في جمع المذكر
السالم وفى اسماء الخمسة وهى ابوك ,اخوك,حموك,فوك,ذو مال. واما الالف فتكون علامة
للرفع في تثنية الاسماء خاصة واما النون فتتكون علامة للرفع في الفعل المضارع اذا
اتصل به ضمير تثنية او ضمير المؤنث المخاطبة
Adapun
waw, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada dua tempat :
Pada jama’ mudzakkar salim, dan
Isim-isim yang lima
Adapun
alif, maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada isim-isim tatsniyyah
yang tertentu
Adapun
Nun maka ia menjadi tanda bagi rafa’ pada fi’il mudhari yang
bersambung
dengan
dhamir tatsniyah, dhamir jama’, dan dhamir muannats mukhatabah.
للنصب خمس علامات الفتحة والالف والكسرة
والياء وحدف النون فأما الفتحة فتكون للنصب فى ثلاثة مواضع فى الاسم المفراد وجمع
التكسير وفعل المضارع اذا ذخل عليه الناصب ولم يتصل بأخره شيئ واما الالف فتكون
علامة للنصب في الاسماء الخمسة نحو راءيت اباك واخاك وما اشبه ذالك واما الكسرة
فتكون علامة للنصب في جمع المؤنث السالم واما الياء فتكون علامة للنصب في التثنية
والجمع واما خذف النون فتكون علامة للنصب فى الافعال التي رفعها بثبات النون
Bagi Nashab itu ada lima tanda, yaitu Fathah, alif,
kasrah, ya, dan hadzfunnuun
(membuang nun).
Adapun fathah maka ia menjadi tanda bagi nashab pada
tiga tempat :
Pada Isim Mufrad
Jama’ taksir, dan
fi’il Mudhari apabila masuk atasnya
amil yang menashobkan dan tidak bersambung
di akhirnya dengan sesuatupun
Adapun alif, maka ia menjadi tanda bagi nashab
pada isim-isim yang lima contohnya
(aku melihat bapakmu dan saudaramu )dan
apa-apa yang menyerupai
contoh ini.
Adapun kasrah, maka ia menjadi tanda bagi nashab
pada jama’ muannats salim
Adapun ya, maka ia menjadi tanda bagi nashab
pada tatsniyah dan jama’
Adapun Hadzfunnuun, maka ia menjadi tanda bagi nashab
pada fi’il-fi’il yang lima
yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.
للخفض ثلاث علامات الكسرة والياء والفتحة
فأما الكسرة فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع في الاسم المفراد المنصرف وجمع
التكسير المنصرف وجمع مؤنث السالم واما الياء فتكون علامة للخفض فى ثلاثة مواضع فى
الاسماء الخمسة والتثنية والجمع واما الفتحة فتكون علامة للخفض فى الاسماء الذى
لاينصرف
Bagi
Khafadh atau jar itu ada 3 tanda, yaitu kasrah, ya, dan
fathah.
Adapun
kasrah, maka ia menjadi tanda bagi khafadh pada tiga tempat:
Isim
Mufrad yang menerima tanwin
jama’
taksir yang menerima tanwin, dan
jama’
muannats salim
adapun
ya, maka ia menjadi tanda bagi khafadh pada tiga tempat:
Pada
isim-isim yang lima
Isim
Tatsniyah, dan
jama’
Adapun
fathah, maka ia menjadi tanda bagi khafadh pada isim-isim yang
tidak
menerima tanwin.
للجزم علامتان السكون والحذ ف النون فأما السكون فيكون علامة للجزم في
الفعل المضارع الصحيح الاخر واما الحذ ف النون فيكون علامة للجزم فى الفعل المضارع
المعتل الاخر وفي الافعال الخمسة التى رفعها بثبات النون
Bagi jazm itu ada 2 tanda, yaitu sukun dan al
hadzfu nun(membuang nun).
Adapun sukun, maka ia menjadi tanda bagi jazm pada
fi’il yang shahih akhirnya
Adapun al hadzfu nun, maka ia menjadi tanda bagi jazm pada
fi’il mudhari yang mu’tal
akhirnya dan
pada fi’il-fi’il yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.
BERSAMBUNG...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar